Apa Itu Decan Astrologi? Yuk Belajar Lebih Dalam Tentang Zodiak Anda!

decan astrologi
Ilustrasi decan astrologi. Foto: twowander.com
Astrologi telah menarik perhatian banyak orang sebagai jendela untuk memahami kepribadian, masa depan, dan takdir. Salah satu aspek yang lebih mendalam dalam astrologi adalah konsep decan astrologi. Bagi para penggemar astrologi dan pencari spiritualitas, memahami nuansa dari decan zodiak Anda bisa memberikan wawasan yang lebih khusus dan personal terhadap karakter dan jalan hidup Anda.

Apa Itu Decans?

Dalam astrologi, zodiak dibagi menjadi dua belas tanda yang masing-masing melingkupi 30 derajat dari zodiak. Decan, dari kata Yunani 'dekanos' berarti "potongan sepuluh", adalah pembagian lebih lanjut dari masing-masing tanda zodiak menjadi tiga bagian, setiap decan mencakup 10 derajat dari siklus zodiak. Setiap decan dikaitkan dengan sebuah planet yang membantu meningkatkan karakteristik tertentu dari tanda asli.

Menilik asal-usul decan, kita dapat merujuk kepada sumber seperti Wikipedia, yang menyediakan konteks historis dan asas bagi konsep ini. Decans pada awalnya digunakan oleh bangsa Mesir kuno untuk keperluan astronomi dan astrologi.

Bagaimana Menemukan Decan Anda?

Untuk mengidentifikasi decan Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui tanggal kelahiran Anda. Kemudian, Anda dapat melihat rentang tanggal yang sesuai pada tabel decan untuk tanda zodiak Anda di bawah ini.

Aries

  • 21-30 Maret (Decan I – Aries Decan): Dekan pertama musim Aries akan tampak seperti Aries khas: berani, inovatif, tak kenal takut, dan memiliki kualitas kepemimpinan yang melekat pada mereka. Mereka ini dua kali diperintah oleh Mars sehingga mereka berorientasi tindakan dan bisa terlihat kasar bagi mereka yang mengambil pendekatan lebih lambat dalam hidup. Ketika diprovokasi, emosi respons cepat mereka biasanya adalah kemarahan yang berasal dari reaktivitas emosional. Namun, dengan waktu dan kesabaran, dekan ini dapat menjadi lembut dan lembut dalam pendekatan mereka terhadap kehidupan, sambil tetap setia pada keinginan bawaan mereka untuk menjelajahi dan memimpin jalan bagi orang lain yang mengikuti jejak kehidupan mereka.

  • 1-9 April (Decan II – Leo Decan): Orang yang lahir di bawah pengaruh Leo decan dalam zodiak Aries cenderung mencuri perhatian dan menginginkan pendekatan hidup yang berani dan estetis. Mereka adalah para pemain alami dan cenderung lebih kreatif daripada Aries biasa. Aries decan 2 ingin menarik perhatian calon pasangan dengan cara romantis, teman, mitra bisnis, dan massa lebih dari tetangga Decan 1 mereka. Karena matahari adalah penguasa kedua mereka, mereka diperintah oleh Ego mereka dan sangat mengandalkan ekspresi luar mereka untuk mendefinisikan diri mereka. 

  • 10-19 April (Decan III – Sagittarius Decan): Decan III Aries menikmati bepergian, berfilosofi, dan belajar tentang budaya yang berbeda lebih dari yang biasanya dialami oleh Aries. Mereka mungkin menghadapi kesulitan dalam mempertahankan hubungan, pekerjaan, dan tempat tinggal karena jiwa mereka yang nomaden. Mereka sangat optimis dan cenderung beruntung, karena penguasa tambahan mereka adalah Jupiter.

Taurus

decan taurus
Ilustrasi decan taurus. Foto: unsplash.com

  • 20-29 April (Decan I – Taurus Decan): Decan Taurus akan muncul dengan lebih stereotipikal. Mereka menikmati struktur, kepastian, dan kesetiaan dalam kehidupan mereka dan memiliki ketertarikan pada hal-hal halus dalam hidup. Mereka diperintah oleh Venus secara primer dan sekunder, sehingga mereka sangat menyukai rumah yang indah, seni, pakaian, dan lingkungan yang estetis. Meningkatkan indra mereka sebanyak mungkin adalah hal yang penting bagi mereka. Mereka lebih memilih bekerja secara cerdas bukan keras, dan meskipun mereka tidak harus terlihat "malas", sulit menemukan Taurus yang menikmati bekerja keras jika mereka tidak harus melakukannya.

  • 30 April-9 Mei (Decan II – Virgo Decan): Decan I Taurus dikuasai oleh Merkurius karena mereka adalah dekan Virgo. Orang-orang ini akan terlihat lebih teliti, terencana, kaku, dan cenderung perfeksionis dibandingkan dengan tetangga mereka di dekan I. Mereka lebih membantu, fokus pada filantropi, intelektual, dan ingin tahu daripada Taurus tradisional. 

  • 10-20 Mei (Decan III – Capricorn Decan): Taurus Decan III diperintah oleh Saturnus dalam dekan Capricorn, menjadikannya penuh semangat dalam mencapai kesuksesan dan fokus pada gelar dan penghargaan. Mereka termotivasi oleh uang, prestasi, dan cenderung lebih rajin dan ambisius daripada Taurus lainnya.

Gemini

  • 21-30 Mei (Decan I – Gemini Decan): Komunikatif dan cerdas. Orang-orang yang lahir di decan ini cenderung sangat komunikatif dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat. Mereka juga cerdas dan seringkali memiliki wawasan yang luas, membuat mereka menjadi orang yang menyenangkan untuk diajak berdiskusi.

  • 31 Mei-9 Juni (Decan II – Libra Decan): Kerja sama dan ketertarikan pada estetika. Di decan ini, individu-individu cenderung memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dan menghargai hubungan yang harmonis. Mereka juga sangat tertarik pada estetika dan keindahan.

  • 10-20 Juni (Decan III – Aquarius Decan): Inovatif dan sosial. Pada decan ini, orang-orang yang lahir cenderung memiliki sifat inovatif dan kreatif. Mereka juga sangat sosial dan seringkali menjadi pemimpin dalam kelompok mereka karena kepemimpinan alami mereka.

Cancer

  • 21-30 Juni (Decan I – Cancer Decan): Decan I Cancer muncul sebagai Cancer yang khas. Mereka sensitif, penuh kenangan, dan biasanya senang diperintah oleh gejolak emosi mereka. Karena mereka diperintah oleh bulan, kehidupan mereka selalu berubah dan cenderung dalam dan intuitif. Mereka juga merupakan pengasuh klasik; seseorang yang membuat semua orang merasa welcome dan seperti di rumah.

  • 1-10 Juli (Decan II – Scorpio Decan): Lahir di bawah dekan Scorpio, Decan II Cancer diperintah oleh Pluto. Hal ini menyebabkan Decan II Cancer memiliki sifat posesif, obsesif, gelap, dan pemikir yang tidak seumum pada tetangga Decan I mereka. Mereka lebih introvert dan cenderung lebih sering menghabiskan waktu sendirian daripada Cancer biasa. Mereka juga lebih ambisius dan fokus untuk mencapai keinginan mereka.

  • 11-22 Juli (Decan III – Pisces Decan): Pisces decan berarti bahwa Cancer ini diperintah oleh Neptunus, planet fantasi, ilusi, dan bawah sadar. Mereka lebih romantis, puitis, bermimpi, dan pemaaf dibandingkan dengan Cancer biasanya. Mereka juga mungkin menemukan hubungan yang lebih dalam dengan spiritualitas atau studi spiritual, terutama karena kemampuan psikis mereka seringkali sangat kuat.

Leo

decan leo
Ilustrasi decan leo. Foto: unsplash.com

  • 23 Juli-1 Agustus (Decan I – Leo Decan): Seperti umumnya Leo, dekade ini biasanya berani, keras, mencari perhatian, sensitif, dan setia kepada orang yang mereka cintai. Leo dekade I adalah stereotip dan akan peduli tentang penampilan mereka, status sosial, reputasi, dan cenderung memiliki energi tinggi dan optimis. Mereka juga merupakan pekerja seni yang khas dan suka memanfaatkan setiap kesempatan untuk bersikap bermain-main dan teatrikal.

  • 2-11 Agustus (Decan II – Sagittarius Decan): Dipimpin oleh Jupiter, Decan 2 Leo lebih rentan terhadap jiwa bebas, pesta, dan optimisme buta dibandingkan tetangga mereka di Decan 1. Orang-orang ini mampu menggabungkan inti egois mereka dengan lapisan luar yang berbudaya, membuat mereka menjadi teman perjalanan dan pemandu wisata yang luar biasa! Mereka juga akan berhasil dalam pertunjukan, menjadi pembicara utama, dan menyampaikan gagasan mereka dalam skala yang besar.

  • 12-22 Agustus (Decan III – Aries Decan): Leo yang lahir di dekade Aries diperintah oleh Mars membuat mereka penuh gairah, bersemangat, dan berorientasi pada tindakan. Mereka lebih cenderung mengikuti optimisme mereka yang penuh imajinasi dan mengambil peran kepemimpinan dibandingkan dengan Aries lainnya. Mereka potensial agresif dan bisa dengan cepat mengubah raungan Leo mereka menjadi gigitan - sesuatu yang tidak ingin Anda hadapi.

Virgo

  • 23 Agustus-1 September (Decan I – Virgo Decan): Virgo yang lahir di bawah dekan pertama cenderung dapat diprediksi, dapat diandalkan, membantu, dan agak perfeksionis. Mereka fokus pada detail dan merasa lebih nyaman ketika rumah, jadwal, dan hubungan mereka teratur. Mereka tidak dapat mengatasi kekacauan, kekacauan, atau kritik, dan sebagai yang diperintah oleh Merkurius, mereka merasa baik secara intelektual dan penuh rasa ingin tahu.

  • 2-11 September (Decan II – Capricorn Decan): Lahir di bawah pengaruh Capricorn, orang-orang ini diperintah oleh Saturnus, si pengatur tugas dalam zodiak. Mereka hampir pasti sukses dalam hidup mereka dan berkinerja terbaik dengan pujian dan penghargaan untuk memvalidasi pengalaman hidup mereka. Mereka rajin, tangguh, bertekad, dan inovatif, melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka.

  • 12-22 September (Decan III – Taurus Decan): Decan III Virgo diperintah oleh Venus, membuat mereka sedikit lebih cenderung memanjakan diri, mewah, dan dapat diandalkan dibandingkan dengan Virgo lainnya. Mereka tidak terlalu khawatir tentang perfeksionisme, dan lebih termotivasi oleh kenikmatan sensual dalam hidup. Mereka fokus pada estetika dan umumnya sangat cantik sambil lebih memilih untuk berpakaian indah, berada di lingkungan yang indah, atau memiliki karier yang berkaitan dengan desain atau koordinasi dalam beberapa hal.

Libra

  • 23 September-2 Oktober (Decan I – Libra Decan): Orang-orang ini akan terlihat seperti Libra klasik: menghindari konflik, harmonis, seimbang, dan romantis tanpa harapan di hati. Mereka diperintah oleh Venus dan menikmati kenikmatan indah dalam hidup seperti aksesori, desain, memberi hadiah, estetika, dan seni. Mereka bisa kesulitan tetap berpijak dan berfungsi baik dengan struktur dan waktu di alam untuk menyeimbangkan kecenderungan alamiah mereka untuk terus berkhayal.

  • 3-12 Oktober (Decan II – Aquarius Decan): Decan II Libra diperintah oleh Uranus, menjadikan mereka lebih pemberontak dan tajam lidah daripada Libra biasanya. Dengan fokus lebih pada memberikan kontribusi dalam skala global dan menjadi pengatur tren, mereka dapat menemukan bahwa energi mereka lebih baik digunakan untuk memperluas pemikiran, berbagi pemikiran dalam kelompok, atau bepergian ke tempat-tempat asing daripada fokus pada detail kecil penyelesaian konflik dalam percakapan satu lawan satu.

  • 13-22 Oktober (Decan III – Gemini Decan): Libra yang lahir di bawah pengaruh Gemini cenderung lebih sosial, cerdas, dan berjiwa bebas daripada Libra pada umumnya. Mereka mungkin memiliki ketertarikan pada membaca, pertunjukan langsung, dan kegiatan sosial - siapa pun atau apa pun yang dapat membuat pikiran mereka sibuk. Mereka adalah komunikator yang luar biasa dan berhasil menggabungkan sifat harmoni Libra dengan sifat sosialisasi Gemini untuk menyatukan orang-orang melalui kemampuan alami mereka sebagai "penghubung".

Scorpio

decan scorpio
Ilustrasi decan scorpio. Foto: unsplash.com

  • 23 Oktober-1 November (Decan I – Scorpio Decan): Orang-orang ini kemungkinan akan terlihat seperti Scorpio khas: gelap, dalam, pemikir yang serius, dan cenderung menikmati kesendirian mereka. Mereka diperintah oleh Pluto, planet rahasia dan tabu. Mereka intens dan penuh gairah, meninggalkan sedikit ruang untuk kebingungan dalam niat, perasaan, atau tujuan mereka. Mereka terkenal karena mengalami banyak perubahan sepanjang hidup mereka, selalu keluar dari situasi intens dengan merasa seperti orang baru yang segar.

  • 2-11 November (Decan II – Pisces Decan): Scorpios yang lahir di bawah dekan Pisces diperintah oleh Neptunus dan cenderung lebih pemimpi, lepas, dan riang hati daripada Scorpios biasanya. Mereka bersifat puitis, sensitif, dan kreatif yang dapat membuat mereka kurang berpijak dan rentan memiliki kepalanya di awan. Namun, ini juga membuat mereka sangat artistik dan selaras dengan sisi kreatif mereka. Setelah semua, Pisces adalah tanda zodiak yang selalu berusaha menjadikan kenyataan lebih indah.

  • 12-21 November (Decan III – Cancer Decan): Dalam pengaruh bulan, Scorpio decan III lebih sensitif, intuitif, dan emosional dibandingkan dengan Scorpio pada umumnya. Mereka cenderung lebih perhatian dan lembut dengan bulan sebagai penguasa sekunder, yang membuat mereka menjadi orang tua yang baik, pengasuh yang baik, dan tenaga medis yang baik. Scorpio yang lahir di bawah pengaruh decan Cancer dapat menjadi orang yang sangat empatik, tetapi juga sangat melindungi diri dan orang-orang yang mereka cintai.

Sagittarius

  • 22 November-1 Desember (Decan I – Sagittarius Decan): Dipimpin oleh Jupiter, Sagittarius Decan I akan muncul dengan gaya khas mereka yang optimis, terbuka pikiran, tegas, filosofis, ingin tahu, dan berjiwa bebas. Mereka kerap menginginkan pengalaman baru dan menginginkan kebaruan menjadi benang merah dalam segala hal yang mereka lakukan dalam hidup ini. Tanda zodiak ini terkenal sebagai pencari petualangan khas dalam zodiak, karena mereka selalu bertujuan untuk mendapatkan yang terbaik dari hidup dan belajar segala hal yang ada.

  • 2-11 Desember (Decan II – Aries Decan): Aries dekan Sagittarius diperintah oleh Mars yang membuat mereka cenderung agresif, berorientasi pada tindakan, kepemimpinan, dan kepolosan. Mereka fokus pada kepercayaan diri dan ekspresi diri lebih daripada Sagittarius biasa. Mereka juga bisa lebih kompetitif dan termotivasi untuk berhasil, sehingga mampu mengatasi prestasi besar dan mengungguli semua orang di sekitar mereka.

  • 12-21 Desember (Decan III – Leo Decan): Orang-orang ini dikuasai oleh matahari, membuat mereka lebih fokus pada penampilan, reputasi, dan validasi daripada Sagittarius biasa. Seorang Sagittarius dekan Leo akan terlihat sosial, suka bersenang-senang, dan karismatik, tetapi mereka bisa cenderung egosentris. Bagaimanapun, Leo adalah tanda zodiak yang sangat artistik, dan misi utama mereka dalam hidup adalah untuk menyatakan diri dengan indah. Orang-orang ini menjadi penampil yang hebat, terutama di depan penonton.

Capricorn

  • 22 Desember-31 Desember (Decan I – Capricorn Decan): Decan I Capricorn adalah dikuasai oleh Saturnus, membuat mereka berorientasi pada tugas, terstruktur, dan pekerja keras. Mereka membuat aturan mereka sendiri dan tampil terbaik di lingkungan di mana mereka bisa berhasil dan menonjol. Mereka bisa terlihat dingin karena kecenderungan alami mereka adalah bergantung pada energi yang ditentukan dan fokus pada stabilitas dan struktur. Ketika Anda memikirkan Capricorn, Anda mungkin memikirkan seseorang yang memancarkan otoritas dan kesuksesan. Orang itu mungkin lahir selama dekan pertama Capricorn.

  • 1-10 Januari (Decan II – Taurus Decan): Orang-orang ini diperintah oleh Venus, membuat Taurus decan Capricorn lebih sensual, suka berlebihan, dan hedonistik daripada Capricorn biasanya. Mereka lebih menikmati kualitas Venusian dalam kehidupan, seperti sentuhan, rasa, desain, keindahan, kenikmatan, dan istirahat. Mereka berkinerja terbaik ketika kelima indera mereka meningkat sebanyak mungkin. Mereka cenderung menjadi orang yang sangat menarik dan seringkali menjadi Capricorn yang paling artistik di antara mereka semua.

  • 11-19 Januari (Decan III – Virgo Decan): Seorang Virgo decan Capricorn diperintah oleh Mercury, menjadikan orang-orang ini sebagai guru, penyembuh, dan teman yang jauh lebih baik daripada rekan-rekan Capricorn biasanya. Mereka penasaran, cerdas dalam membaca, membantu, dan lembut, mengurangi beberapa sisi kaku dari seorang Capricorn yang khas. Capricorn ini terkenal karena mereka pencari kebenaran yang ingin mempelajari segala hal yang ada. Mereka juga terkenal karena memperhatikan semua orang di sekitar mereka dan memastikan semuanya berjalan lancar.

Aquarius

decan aquarius
Ilustrasi decan aquarius. Foto: unsplash.com

  • 20-29 Januari (Decan I – Aquarius Decan): Decan I Aquarius diperintah oleh Uranus dan muncul seperti orang-orang Aquarius pada umumnya: inovator, pejuang kemanusiaan, pencetus tren, dan pemberontak. Mereka tidak terlalu peduli dengan kecocokan dan lebih fokus pada bagaimana mereka bisa melanggar pola. Mereka melihat dunia seperti yang seharusnya, bukan seperti yang ada saat ini. Mereka hidup di luar batas dan selalu ingin memberikan waktu dan ruang yang tepat untuk ide-ide aneh mereka. Jika mereka merasa terbatas, mereka akan melakukan apa pun untuk mendapatkan kembali kemerdekaan dan individualitas mereka.

  • 30 Januari-8 Februari (Decan II – Gemini Decan): Gemini decan Aquarius akan memiliki sub-penguasa Merkurius yang menambahkan kelebihan dalam komunikasi, pendidikan, dan pemikiran intelektual. Mereka cerdas dan diberkati dengan bakat bicara yang membuat mereka hebat dalam dinamika kelompok atau dalam karier di mana mereka mampu menjual, menyajikan, atau menjadi tuan rumah. Dengan kecerdasan Gemini mereka, Aquarius ini mampu merancang ide-ide brilian yang dapat mengubah permainan dan menghibur semua orang dengan mereka.

  • 9-18 Februari (Decan III – Libra Decan): Libra dekan Aquarius diperintah oleh Venus, menjadikan mereka lebih romantis, harmonis, dan seimbang dibandingkan dengan rekan Aquarius mereka yang biasa. Mereka kurang fokus pada menonjolkan diri dan lebih fokus pada berbaur dan menjaga perdamaian. Mereka juga cenderung mengikuti tren dalam kecantikan, desain, dan estetika, menjadikan bagian-bagian indah dalam hidup sebagai prioritas. Untuk informasi, Paris Hilton lahir pada dekan ini.

Pisces

  • 19-29 Februari (Decan I – Pisces Decan): Pisces diperintah oleh Neptunus dan cenderung berkhayal, romantis, lembut, dan sensitif. Mereka diperintah oleh planet ilusi dan impian, sehingga mereka cenderung fokus pada aspek-aspek hipotetis kehidupan dan mengagungkan orang, tempat, dan pengalaman. Mereka berhasil ketika mengikuti karir yang kreatif atau spiritual, karena mereka tidak memiliki masalah menghilangkan ego mereka dari suatu situasi dan hidup dalam momen tersebut.

  • 1-10 Maret (Decan II – Cancer Decan): Orang-orang Pisces yang berada di dekan Kanker dikuasai oleh bulan, menjadikan mereka lebih emosional, tidak terduga, dan penuh kasih daripada Pisces biasa. Mereka adalah pengasuh yang hebat dan senang memanfaatkan setiap kesempatan untuk membuat orang-orang yang mereka cintai merasa aman dan nyaman. Mereka mungkin adalah orang yang semua orang dalam hidup mereka datangi untuk mencari tempat bersandar karena mereka pendengar yang hebat.

  • 11-20 Maret (Decan III – Scorpio Decan): Scorpio decan Pisces diperintah oleh Pluto, membuat mereka lebih rahasia, dalam, dan misterius dibandingkan dengan rekan-rekan Pisces mereka yang biasa. Mereka berkinerja baik ketika mereka memberi izin kepada diri mereka sendiri untuk waktu sendirian dan nyaman dengan kesendirian. Mereka intens, posesif, dan dapat menjadi obsesif jika mereka tidak menjaga diri mereka tetap berpijak. Mereka sangat intuitif dan bahkan dapat mewujudkan sifat psikis lebih dari decans Pisces lainnya.

Disclaimer: Ingatlah selalu bahwa astrologi hanyalah salah satu cara untuk memahami perjalanan dan potensi kita dalam hidup. Meskipun decan menjadi alat yang berguna untuk membuka wawasan astrologi yang lebih personal, tidak semua karakteristik tersebut akan cocok dengan setiap individu.

Ketika Anda menerapkan pengetahuan ini, gunakan pendekatan yang terbuka dan sering kali riset lanjutan yang akan membantu Anda memahami decan dengan lebih dalam lagi. Eksplorasi diri Anda lewat lensa decan astrologi bisa menjadi pengalaman yang kaya dan menegaskan.

Menavigasi aliran energi astral berarti pertama-tama harus memahami diri kita sendiri dan babak perjalanan kita yang unik. Dengan panduan decan, perlahan kita bisa menyelami lebih dalam kompleksitas dan kekayaan yang ditawarkan oleh setiap tanda zodiak. Selamat menelisik dan mempraktikkan decan astrologi dalam kehidupan Anda!

0 Komentar